Furnitur Rumah Mungil Pilih Yang Pas, Tata Yang Tepat

Furnitur adalah salah satu unsur dalam interior rumah yang memegang peranan utama dalam memberi ”ilusi” lega atau sempit. Karena itu, Anda harus memilih dan menata furnitur dengan bijak. Hunian berukuran mungil tampaknya kini mulai menjamur di kota-kota besar seluruh dunia. Ini disebabkan harga rumah di wilayah tersebut cukup mahal, sehingga banyak orang yang hanya mampu membeli rumah berukuran mungil.

Baca juga : Distributor Genset 500 kva di Makassar

Meski tinggal dalam hunian mungil, bukan berarti Anda sulit memperoleh kenyamanan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengubah tampilan ruangan berukuran mungil menjadi lebih baik dan nyaman dihuni. Yang utama adalah tepat dalam memilih dan menata furnitur.

Yang Perlu Dipertimbangkan

Mengapa memilih furnitur untuk rumah mungil itu penting? Ini disebabkan furnitur memberi kontribusi besar terhadap ”ilusi” lega atau sempit sebuah ruangan, terlebih pada ruangan mungil. Karenanya, sebelum membeli ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Raden Mas Nicolaus Aji, desainer interior yang tinggal di Bandung, mengatakan ada 5 faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih furnitur untuk rumah tinggal.

1. Dimensi atau besaran ruang. Sebaiknya sesuaikan ukuran furnitur dengan besaran ruangan.

2. Jumlah penghuni rumah. Makin banyak jumlah anggota keluarga, makin banyak juga furnitur harus dibutuhkan.

3. Fungsi ruang. Setiap ruangan dalam rumah membutuhkan jenis furnitur berbeda. Di ruang tidur misalnya, yang dibutuhkan biasanya tempat tidur dan lemari. Ruang keluarga tentu membutuhkan furnitur yang berbeda dengan ruang tidur.

4. Kebiasaan pengguna ruangan. Kebiasaan setiap individu berbeda, maka kebutuhannya pun akan berbeda. Setiap individu cenderung memiliki selera estetis yang berbeda.

5. Bujet atau biaya. Saat ini tersedia berbagai macam model furnitur dengan harga bervariasi. Anda bisa memilih sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Empat Jenis

Dari semua jenis furnitur yang ada di pasaran, ada 4 jenis furnitur yang sesuai dengan rumah berukuran terbatas. Keempat furnitur tersebut adalah furnitur lepasan (loose furniture), furnitur lipat, furnitur multifungsi, dan furnitur built-in. Masing-masing furnitur tersebut memiliki kriteria tersendiri, sehingga bisa pas mengisi ruang mungil Anda. Selain furnitur yang tepat, penempatan furnitur di dalam ruang juga harus diperhatikan. Jika penempatannya asal-asalan, furnitur yang sudah dipilih dengan baik ini tak akan optimal mengisi ruang. Malah, dapat membuat ruang terasa sesak. Karena itu, di rubrik Sudut kali ini kami akan membahas cara memilih furnitur yang tepat, sekaligus menatanya dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *