Furnitur Lepasan Praktis Dan Langsung Pakai

Praktis dan mudah dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan. Itulah alasan memilih furnitur lepasan untuk sebuah rumah mungil. Furnitur yang tidak terikat pada elemen pembentuk ruang yaitu lantai, dinding, dan plafon sehingga bisa dipindah-pindah untuk memenuhi fungsi yang ingin dicapai. Demikian pendapat Iqra Firdausi, yang akrab dipanggil Daus, desainer interior Soseki Design Studio, tentang funitur lepasan atau loose furniture.

Baca juga : Distributor genset 350 Kva di Semarang

Furnitur jenis ini memang praktis untuk digunakan pada rumah mungil. Beragam desain furnitur tersedia di toko furnitur dan Anda bisa mencoba kenyamanannya. Namun, Ina Rachmawati, Desainer interior Ina House mengingatkan, jangan lupa memperhatikan kesesuaian material, bentuk, ukuran, dan warna. “Antara satu furnitur dengan yang lain jangan saling bentrok. Juga, karena belinya ngacak, kita harus cermat memadukannya agar terhindar dari kesan seperti tambal sulam,” kata Ina.

Juga jangan memilih furnitur lepasan hanya berdasarkan ukurannya yang lebih kecil agar muat di ruang mungil. “Jika ukurannya dikecilkan, akan mengurangi kenyamanan ketika digunakan,” ujar Daus. Sedangkan menurut Erwin Hawawinata, arsitek dari Hawawinata & Associates , ukuran kadang harus disesuaikan sejauh tidak ada masalah dengan fungsi dan pemakainya. Jadi, siapa yang akan memakai tetap menjadi pertimbangan faktor terpenting.

Kriteria Ideal untuk Rumah Mungil

Ruang mungil akan terkesan luas karena desain furnitur lepasan yang dipilih terkesan ringan. Perhatikan 3 kriteria berikut ini. ramping Furnitur yang ramping akan menghadirkan kesan luas. Pilihlah meja dan kursi yang berkaki ramping namun kuat sehingga seperti terangkat dan terkesan ringan. Minim Detail Utamakan fungsinya dan pilihlah furnitur lepasan yang minim detail atau yang tidak banyak lekukan dan prof l pada desainnya.

Warna Pilihlah furnitur berwarna senada dengan warna dinding sehingga menciptakan ilusi bahwa keberadaannya seolah tersamar. Warna kontras dapat ditambahkan sebagai aksen ruang. Sofa berwarna berani untuk kesan kontras pada ruang. walau sandarannya tinggi dan tebal namun tetap terlihat ringan karena berkaki dengan material metal mengilap.

Material Ringan

Kesan luas pada ruang mungil juga bisa dibangun berkat pemilihan material yang terkesan ringan. Tampaknya sepele, tetapi lihatlah perbandingannya jika telah diaplikasikan. Kaca yang Transparan Furnitur berbahan kaca atau akrilik yang transparan memungkinkan pandangan kita tak terhalang ke dinding dan lantai sehingga secara visual, ruang terasa lebih lega. Metal yang Mengilap Kilap pada metal juga memiliki efek ringan, contohnya, kursi kawat jaring berbahan metal terlihat sportif dan meluaskan ruang. Furnitur berkaki metal juga terkesan lebih ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *